Sabtu, 30 November 2013

Implementasi Kurikulum 2013 (contoh format RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                :
Tema                   :
Sub Tema             :
Kelas/Semester    :        
Materi Pokok        :
Alokasi Waktu :
        
A.      Kompetensi inti                :
KI-1
KI-2
KI-3
KI-4

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator:
MAPEL 1
KD: 1. ....
a.       ....
b.       ....
                   2. ....
a.       ....
b.       ....
MAPEL 2
KD: 1. ....
c.                                      ....
d.       ....
                   2. ....
c.        ....
d.       ....
MAPEL 3
KD: 1. ....
             2. ....
             3. ....
             4. ....

C.      Tujuan Pembelajaran
 Melalui metode …………………………………………….peserta didik dapat:
1.      ……………………………………………………………………………………………………
2.      ……………………………………………………………………………………………………
3.      ……………………………………………………………………………………………………
4.      ……………………………………………………………………………………………………
5.      ……………………………………………………………………………………………………
6.      ……………………………………………………………………………………………………
7.      ……………………………………………………………………………………………………
D.      Materi Pokok
1.      Sesuaikan dengan inti KD
a.       ...................
b.       
2.      ...................
a.       .............
b.       

E.       Metode Pembelajaran
1.      ……………………………………………………………………………………………………
2.      ……………………………………………………………………………………………………
3.      ……………………………………………………………………………………………………
4.      ……………………………………………………………………………………………………



F.       Media, Alat dan Sumber  Pembelajaran
1.     Media
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
2.     Alat/Bahan
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
3.     Sumber
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………

G.      Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Pertemuan pertama
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan









2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati



b.    Menanya



c.    Eksperimen/Explore



d.   Asosiasi



e.    Komunikasi/Networking





3.
Penutup






2.      Pertemuan Kedua
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan





2.
Kegiatan Inti
f.     Mengamati



g.    Menanya



h.   Eksperimen/Explore



i.     Asosiasi



j.     Komunikasi/Networking





3.
Penutup






H.      Penilaian Hasil Pembelajaran (Jenis, bentuk dan teknik penskoran)
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………

Tugas
1.      ……………………………………………………………………………………………………
2.      ……………………………………………………………………………………………………
3.      ……………………………………………………………………………………………………

Observasi
1.      ……………………………………………………………………………………………………
2.      ……………………………………………………………………………………………………
3.      ……………………………………………………………………………………………………

Portofolio
1.      ……………………………………………………………………………………………………
2.      ……………………………………………………………………………………………………
3.      …………………………………………………………………………………………………
4.      ……………………………………………………………………………………………………

Tes
1.      ……………………………………………………………………………………………………
2.      ……………………………………………………………………………………………………
3.      ……………………………………………………………………………………………………
Rubrik Penilaian
No.
Aspek
*Nilai
1
2
3
4
1
Penguasaan materi




2
Penguasaan nilai-nilai




3
Keaktifan




4
Kesantunan




Catatan :
*4 =  Sangat Baik                3 =  Baik
  2 =  Sedang                       1 =  Kurang baik
Rentang Skor   =  Skor Maksimal – Skor Minimal
              =  16 - 4
              =  12/4
              =  3
MK        =   14 - 16
MB         =   11 - 13
MT         =   7 - 10
BT          =   4 -   6

Keterangan:         
BT     :    Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT    :    Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB    :    Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK    :    Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara  konsisten).
Gurudapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.



Mengetahui,
Kepala ...................................




...............................................
NIP. ......................................
......................, ......................................

Guru Mata Pelajaran,




.................................................
NIP. ........................................



PDWK TIK MA Angkatan V

  Kota Cirebon merupakan kota yang unik dapat dikatakan kota wali, Sunan Gunung Djati. Cirebon dari kata cai dan rebon, ada juga dengan nama...