RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Tema
:
Sub Tema :
Kelas/Semester :
Materi Pokok :
Alokasi Waktu :
A.
Kompetensi inti :
KI-1
KI-2
KI-3
KI-4
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator:
MAPEL
1
KD:
1. ....
a. ....
b. ....
2. ....
a. ....
b. ....
MAPEL
2
KD:
1. ....
c.
....
d. ....
2. ....
c.
....
d. ....
MAPEL 3
KD:
1. ....
2. ....
3. ....
4. ....
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui metode …………………………………………….peserta
didik dapat:
1. ……………………………………………………………………………………………………
2. ……………………………………………………………………………………………………
3. ……………………………………………………………………………………………………
4. ……………………………………………………………………………………………………
5. ……………………………………………………………………………………………………
6. ……………………………………………………………………………………………………
7. ……………………………………………………………………………………………………
D.
Materi Pokok
1. Sesuaikan dengan inti KD
a. ...................
b.
2. ...................
a. .............
b.
E.
Metode Pembelajaran
1.
……………………………………………………………………………………………………
2.
……………………………………………………………………………………………………
3.
……………………………………………………………………………………………………
4.
……………………………………………………………………………………………………
F.
Media, Alat dan
Sumber Pembelajaran
1.
Media
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
2.
Alat/Bahan
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
3.
Sumber
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Mengamati
b. Menanya
c. Eksperimen/Explore
d. Asosiasi
e. Komunikasi/Networking
|
|
3.
|
Penutup
|
|
2.
Pertemuan Kedua
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
f. Mengamati
g. Menanya
h. Eksperimen/Explore
i. Asosiasi
j. Komunikasi/Networking
|
|
3.
|
Penutup
|
|
H.
Penilaian Hasil Pembelajaran (Jenis,
bentuk dan teknik penskoran)
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
Tugas
1.
……………………………………………………………………………………………………
2.
……………………………………………………………………………………………………
3.
……………………………………………………………………………………………………
Observasi
1.
……………………………………………………………………………………………………
2.
……………………………………………………………………………………………………
3.
……………………………………………………………………………………………………
Portofolio
1.
……………………………………………………………………………………………………
2.
……………………………………………………………………………………………………
3.
…………………………………………………………………………………………………
4.
……………………………………………………………………………………………………
Tes
1. ……………………………………………………………………………………………………
2. ……………………………………………………………………………………………………
3. ……………………………………………………………………………………………………
Rubrik Penilaian
No.
|
Aspek
|
*Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Penguasaan materi
|
|
|
|
|
2
|
Penguasaan nilai-nilai
|
|
|
|
|
3
|
Keaktifan
|
|
|
|
|
4
|
Kesantunan
|
|
|
|
|
Catatan :
*4 = Sangat Baik 3 =
Baik
2 =
Sedang 1 = Kurang baik
Rentang Skor = Skor Maksimal –
Skor Minimal
= 16 - 4
= 12/4
= 3
MK = 14 - 16
MB =
11 - 13
MT = 7 - 10
BT = 4 -
6
Keterangan:
BT : Belum Terlihat
(apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang
dinyatakan dalam indikator).
MT : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah
mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam
indikator tetapi belum konsisten).
MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik
sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator
dan mulai konsisten).
MK : Membudaya (apabila peserta didik terus
menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
Gurudapat mengembangkan soal berikut rubrik dan
penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Mengetahui,
Kepala ...................................
...............................................
NIP. ......................................
|
......................,
......................................
Guru
Mata Pelajaran,
.................................................
NIP.
........................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar