Rabu, 15 Juni 2011

Gerhana Bulan


        Gerhana bulan merupakan peristiwa alam yang mana posisi matahari, bumi dan bulan berada pada satu garis lurus. Allahhu Akbar maha besar Allah yang menjadikan ciptaanya tetap seimbang dan ditetapkan-Nya tempat bagi perjalanan bulan itu. hal tersebut sesuai dengan firman-Nya dalam surat Yunus ayat 5. "Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak [669]. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahaui.(Q.S.  10:5)
 [669] Maksudnya: Allah menjadikan semua yang disebutkan itu bukanlah dengan percuma, melainkan dengan penuh hikmah.
         Matahari, Bumi dan Bulan merupakan ciptaan Allah SWT. jika kita berpikir dan bertafakur betapah kuasanya Allah menciptakan semua ini dengan penuh hikmah, sepantasnya kita memelihara dan mensyukuri apa yang telah dicipatakan-Nya. Alam ini harus kita jaga, jangan di rusak, pepatah mengatakan "jika kita menjaga alam maka alam akan menjaga kita". penomena-penomena yang terjadi di alam ini bisa terjadi karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.
        Penomena gerhana bulan tanggal 16 Juni 2011 gerhana totalnya terjadi selama dua jam berarti selama itu posisi bumi, bulan dan matahari berada dalam satu garis lurus dalam sejarah gerhana merupakan gerhana bulan terlama dalam dua dasawarsa ini.
       Subhanallah ternyata Allah SWT maha memelihara mahluknya dengan rahman dan rahim-Nya. jika pada waktu itu bulan dan bumi tidak pada posisinya apa yang terjadi tidak dapat kita bayangkan namanya yang disebut kiamat terjadi. Wallahua'lambisowab.

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Artikelnya bagus, Sebuah penjelasan tentang korelasi antara Science dan Al-Qur'an. Sukses, Brother..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 bang iVaN kita berusaha untuk menulis walaupun terasa susah dan malas... mdh2an kita selalu diberi taufiq dan hidayah-Nya

      Hapus

PDWK TIK MA Angkatan V

  Kota Cirebon merupakan kota yang unik dapat dikatakan kota wali, Sunan Gunung Djati. Cirebon dari kata cai dan rebon, ada juga dengan nama...