Jumat, 08 Juli 2011

DJJ

WAY DJJ


Apa Sih DJJ (Diklat Jarak Jauh)
DJJ (diklat jarak jauh) adalah kegiatan pelatihan jarak jauh yang memanfaatkan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara optimal. pada saat OnLine Peserta dapat belajar kapan saja dan dimana saja melalui internet, seluruh aktivitas pembelajaran mencangkup, sinopsis, mendownload modul, forum diskusi, chatting, mengejakan tugas dan menjawab soal latihan atau ujian online dapat dilakukan memalui komputer/leptop yang terhubung ke internet, tentunya peserta dibekali cara menjalankan web djj dengan  cara diberi username dan password masing-masing peserta sesuai dengan diklat yang akan diikutinya. DJJ ini menggunakan sistem aplikasi LMS yang dapat mencatat dan mengolah seluruh aktivitas peserta dalam mengikuti diklat.

Way DJJ diperlukan
Diklat Jarak Jauh merupakan salah satu sistem, yang diselenggarakan untuk mempercepat siklus diklat. Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam diklat ini mengurangi keterbatasan jarak, ruang dan waktu antara penyelenggara diklat, tutor dan peserta diklat. Offline dan Online sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan peserta dan tutor pada saat pengarahan program. Pada saat Online peserta dan tutor dapat berinteraksi dimanapun dan kapanpun selama terhubung ke internet, dengan sistem ini peserta dapat mengikuti diklat tanpa harus meninggalkan tugas.

Manfaat DJJ 
Dalam hal ini Diklat Jarak Jauh mempunyai kelebihan dan manfaat yang di peroleh melalui diklat ini, diantaranya dapat mengatasi masalah keterbatasan waktu, tutor dapat mengupload materi kapan saja dan dimana saja, tutor dapat melihat aktivitas peserta yang online dimana saja, peserta dapat mendownload materi, mengerjakan soal tes kapan saja dan dapat berinteraksi secara langsung melalui chatting dan forum diskusi dimana saja sesuai dengan jadwal yang di sepakati. Mengasah dan menumbuhkan jiwa mandiri serta menanamkan disiplin kepada peserta dalam menemukan inovasi belajar dan pembelajaran.

Bagaimana DJJ di BDK Bandung
Diklat Jarak Jauh yang di laksanakan di Balai Diklat Keagamaan Bandung sistemnya masih Blandid Learning, pembelajaran tidak full online langsung di internet tetapi ada tatap muka secara konvensional yang dilakukan 3 kali pertemuan, dimana pertemuan pertama merupakan penjelasan program dan cara online di web djj pusdiklat tenaga teknis keagamaan, pertemuan online dilaksanakan di dunia maya sesuai dengan jadwal online yang disepakati. offline kedua membahas perkembangan dan tindak lanjut, kemudian offline ketiga evaluasi pembelajaran, penyelenggara diklat keseluruhan.
Pada pertemuan offline peserta dapat mengikuti diklat dengan cara datang langsung ke kampus Balai Diklat Keagamaan Bandung di Jl. Soekarno-Hatta No. 716 Bandung tentunya setelah lulus seleksi peserta dan di konfirmasi  oleh admin djj. Pertemuan Online dilaksanakan dimana saja oleh tutor dan peserta sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan pastinya terhubung ke internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PDWK TIK MA Angkatan V

  Kota Cirebon merupakan kota yang unik dapat dikatakan kota wali, Sunan Gunung Djati. Cirebon dari kata cai dan rebon, ada juga dengan nama...