Rabu, 20 Juli 2011

Super Teacher

Kenali Kemampuan
Guru adalah profesi yang penuh dengan tantangan, keativitas dan keteguhan. untuk menghadapi setiap siswa yang dari beragam latar belakang, kemampuan dasar, bakat, tantangan dan pengalaman. Oleh karena itu, ketika seorang guru mulai melaksanakan profesinya sebagai pendidik dan pengajar, ia memerlukan pemikiran yang mendalam untuk terus menerus mengkaji dan mengasah kemampuannya sehingga dapat menemukan cara yang tepat untuk menghasilkan "cita rasa" yang sesuai dengan keinginan tiap-tiap siswa.

Guru yang menarik minat setiap individu terhadap sesuatu hal tidak bisa berdiri sendiri, tetapi bergantung pada beberapa faktor internal diantaranya pemusatan perhatian, keingintahuan, motivasi dan kebutuhan. Dalam penyampaian pelajaran guru dituntut untuk di pahami oleh peserta didik. Memahami di sini berarti kemampuan para siswa untuk menagkap arti dari suatu bahan yang telah dipelajarinya, kemudian menginterpretasikan informasi dan meramalkan akibat dari suatu peristiwa yang terjadi. media dapat memberikan bantuan terhadap aspek pemahaman, dibanding dengan teknik lain, karena antara kata-kata dengan benda yang sebenarnya bisa dibuktikan dengan memberi penjelasan walaupun tidak langsung dengan objek nyatanya, namun gambaran melalui model, baik dengan jalan gambar maupun untuk langsung akan cukup menambah kepahaman terhadap para peserta didik.

Sumber Belajar
Pola Pembelajaran Media. dimana pembelajaran guru tidak berperan secara langsung media yang berperan penting, sehingga pola ini disebut dengan guru bermedia. dimana polanya Tujuan --> penetapan isi dan media --> guru media --> siswa. media sebagai sumber belajar merupakan strategi penyampaian yang dapat mengangkat pesan yang akan disampaikan kepada siswa. Sumber belajar dapat dibedakan menjadi dua yaitu : sumber belajar yang direncanakan (by Design) dan sumber belajar karena dimanfaatkan (by utilization) Miarso, 1994)

Para super teacher harus memperbanyak tukar pikiran tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengalaman pengembanagn materi pelajaran dan berinteraksi dengan peserta didik. tukar pikiran tersebut hendaknya selalu mengangkat tofik pembicaraan yang aplikatif, artinya, hasil pertemuan bisa digunakan secara langsung untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.

Super Teacher
Guru super memiliki kemampuan diantaranya komunikatif, Atraktif, Efektif, Happiness, Evaluatif, dan reflektion.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PDWK TIK MA Angkatan V

  Kota Cirebon merupakan kota yang unik dapat dikatakan kota wali, Sunan Gunung Djati. Cirebon dari kata cai dan rebon, ada juga dengan nama...